Sunday 30 June 2013


Kematian bukan lah perkara
Terkadang sebagaian orang berfikir bahwa kematian itu adalah sebuah perkara, akan tetapi sebenarnya bahwa kematian hanyalah sebuah peristiwa sebagaimana kelahiran bukanlah perkara, yang harus diperkarakan sebenarnya adalah apakah disaat dia (orang) hidup melakukan perbuatan baik atau buruk, sesuai dengan apa yang telah diajarkan Nabi Muhammad kepada kita tentang 5 perkara salah satu perkaranya adalah “hidup belum mati”.
Lalu, kenapa kelahiran dan kematian hanyalah sebuah peristiwa bukan perkara? Karena untuk menjaga kita tidak berlebih-lebihan menanggapi hal tersebut , misalnya jika adanya kelahiran kita sangat begitu senang sampai kita tidak sadar bahwa di saat adanya kelahiran ada juga kematian dan kesenangan kita yang berlebihan itu lah yang menggagu kesedihan atas kematian itu. Begitu pula di saat adanya kematian kita sangat sedih sampai kita tidak sadar bahwa di saat adanya kematian ada juga kelahiran dan kesedian yang berlebihan itu yang menggagu kesenangan atas kelahiran itu.
Jadi kelahiran dan kematian itu bukan perkara Karena untuk menjaga kita tidak  berlebih-lebihan menangagapi hal tersebut dan juga untuk kita saling menjaga perasaan sesama manusia, karena kita tidak bisa hidup sendiri dan ingatlah Tuhan Yang Maha Esa sendiri tidak Menyukai orang-orang yang berlebihan.

No comments:

Post a Comment